Asiknya Nge-GIT pakai GitX

gitxPada zaman dahulu kala waktu zamannya masih jahil soal versioning, kami mencoba belajar SVN. Karena kelihatannya kok keren. Programmer-programmer pada pakai SVN.

Yah. karena basicnya aja nggak ngerti apaan itu SVN maupun versioning, akhirnya meski cari artikel googling sekian lama masih saja buntu. Baca berulang-ulang mulai dari penjelasan sampai tutorial, bahasanya sudah melampaui daya tangkapku. Haha. Emang nasibnya blom dikasih pencerahan sama Yang di atas.

Hingga akhirnya.. kami tertarik dengan sesuatu yang bernama GitHub. Kalau lagi googling cari modul, framework atau plugin biasanya ujung-ujungnya disuruh download di GitHub. Fork me on GitHub. Bahkan demo dan wiki pun dihost disana.

Dari situlah mulai belajar nge-GIT. Kali ini goalnya tidak untuk belajar versioning. Karena saat itu masih belum paham juga apaan itu versioning. Haha. Goalnya pokoknya gimana caranya bisa ngepush repository ke GitHub.

Dan Alhamdulillah setelah belajar begini dan begitu, berhasil juga akhirnya ngepush repository ke GitHub. Waktu itu OS laptop masih Windows. Lumayan menantang. Haha.

Asiknya pakai GIT adalah GIT tidak butuh hosting seperti SVN. Bisa dilakukan ditempat. Tapi kadang kalau mau kelihatan keren berbagi, boleh lah dipush ke GitHub.

Sekarang OSnya sudah Mac pinjaman dari kantor sih, jadi nge-GIT alhamdulillah sudah gampang. Nggak butuh nyalain putty, puttygen, gitbash, atau seabreg aplikasi lagi hanya untuk nge-Git. Sekarang kami cukup pakai GitX (http://gitx.org). Terminal dibuka seperlunya saja.

Belum tahu ada yang lebih bagus dari GitX sih kalau buat nge-Git sendiri. Tapi kalau ada rekomendasi, boleh lah dibagi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s